SILABUS
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Kelas / Semester : VII (Tujuh)
Tahun Pelajaran
: 2020/ 2021
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan
anak
di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional.
KI
3 : Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
KI4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pembelajaran |
Pembelajaran |
Karakter yang diharapkan |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Model |
Metode |
Pendekatan |
|
|
|
|
|||
3.1 Menerapkan konsep pengukuran
berbagai besaran
dengan menggunakan satu-
an standar (baku) |
3.1.1.
Menjelaskan
3 keterampilan proses penyelidikan IPA. 3.1.2.
Menyebutkan objek pengamatan dalam penyelidikan IPA. 3.1.3.
Membedakan satuan baku dan tak baku 3.1.4.
Menjelaskan pentingnya satuan baku dalam pengukuran. 3.1.5.
Menjelaskan besaran pokok dan turunan dalam kehidupan
sehari-hari. |
·
Pengukuran ·
Besaran
Pokok dan turunan ·
Satuan
baku dan tak baku |
Discovery Learning |
·
Diskusi ·
Kerja
Kelompok |
Pendekatan Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek berupa |
8
JP |
· Buku siswa
hal. · Buku Guru hal.
· Pengayaan · Laboratorium
sekolah · · Vidio tentang · PPT ·
Internet |
4.1 Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada
diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda- benda di sekitar dengan
mengguna- kan satuan tak baku dan satuan baku |
4.1.1. Melakukan pengamatan terhadap diri
sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di
sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati. 4.1.2. Melakukan
percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku. 4.1.3. Mengumpulkan
informasi mengenai berbagai besaran pokok
dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 4.1.4. Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran
dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan
teman. |
||||||||
3.2 Mengklasifikasikan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati |
3.2.1.
Menjelaskan
alasan mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan. 3.2.2.
Menjelaskan
dasar yang dipakai dalam mengklasifikasikan makhluk hidup. 3.2.3.
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang
ada di lingkungan sekitar. |
Klasifikasi ·
Makhluk
hidup dan benda tak hidup ·
Ciri-ciri
makhluk hidup ·
Klasifikasi
makhluk hidup ·
Pengenala
mikroskop |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Kerja
Kelompok ·
Praktik |
Pendekatan Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilian diri ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
7
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan
·
Laboratorium
sekolah ·
·
PPT ·
Internet |
4.2 Menyajikan hasil
pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan
sekitar berdasarkan
karakteristik yang diamati. |
4.2.1
Melakukan klasifikasi terhadap tumbuhan di sekitar
berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera,
protista, fungi, plantae, dan animalia. 4.2.2
Melakukan klasifikasi terhadap hewan berdasarkan
persamaan ciri-ciri yang dimiliki. 4.2.3
Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam
bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman |
||||||||
3.3 Menjelaskan
konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari- hari |
3.3.1. Menggolongkan karakteristik
materi. 3.3.2. Menjelaskan perbedaan unsur,
senyawa, dan campuran. 3.3.3. Menjelaskan
metode pemisahan campuran . 3.3.4. Menjelaskan
sifat fisika dan sifat kimia. 3.3.5. Mendeskripsikan
perubahan fisika dan perubahan kimia |
·
Zat
dan Karakteristik nya ·
Zat
Padat, Cair, dan Gas ·
Unsur,
Senyawa, dan Campuran ·
Sifat
fisika dan kimia ·
Perubahan
fisika dan kimia |
Discovery Learning |
·
Tanya jawab ·
Eksperimen, ·
Diskusi
dan Presentasi |
Pendekatan Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
·
Vidio
·
PPT |
4.3 Menyajikan
hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan campuran |
4.3.1.
Menyajikan data hasil pengamatan zat padat, cair dan
gas. 4.3.2.
Menyajikan data hasil pengamatan unsur, senyawa dan
campuran 4.3.3.
Menyajikan data hasil pengamatan larutan asam, basa,
dan garam. 4.3.4.
Menyajikan data hasil pengamatan pemisahan campuran
berdsarkan sifat fisika dan kimia 4.3.5.
Menyajikan data hasil pengamatan pemisahan campuran
metode filtrasi dan kromatografi 4.3.6.
Menyajikan
data hasil pengamatan perubahan kimia |
||||||||
3.4 Menganalisis
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapan-nya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia
dan hewan |
3.4.1 Menjelaskan definisi suhu. 3.4.2 Menjelaskan berbagai jenis
termometer. 3.4.3 Menentukan skala suhu dengan
melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer. 3.4.4 Menentukan skala thermometer
tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala. 3.4.5 Menjelaskan definisi pemuaian. |
Suhu
dan Kalor ·
Suhu ·
Alat
pengukur suhu ·
Pemuaian ·
Kalor ·
Perpindah
an kalor |
Discovery
Learning |
·
Praktik ·
Diskusi |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Lingkungan
sekolah ·
Vidio
·
PPT |
4.4 Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor |
4.4.1 Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu
zat |
||||||||
3.5 Menganalisis
konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari- hari termasuk fotosintesis |
3.5.1 Menjelaskan
3 konsep energi dan sumber-sumber energi. |
Energi ·
Bentuk-
bentuk energi ·
Sumber
energi ·
Perubaha
n bentuk energi ·
Transfor
masi energi dalam sel ·
Fotosintesis ·
Respirasi |
Discovery
learning |
·
Praktik ·
Diskusi |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Torso ·
Vidio
tentang ·
PPT |
4.5 Menyajikan
hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis |
4.5.1 Melakukan
percobaan untuk membuktikan keberadaan bentuk energi dalam
suatu benda |
||||||||
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama
penyusun sel |
3.6.1 Mengidentifikasi
tingkatan hierarki kehidupan 3.6.2 Membedakan komponen
penyusun sel hewan dan tumbuhan |
Sistem Organisasi
Kehidupan ·
Sel ·
Jaringan ·
Organ ·
Sistem
organ ·
Organisme |
Problem based
learning |
·
Praktik ·
Diskusi |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilaian antar teman ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
10
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Bungkus
makanan kemasan ·
Vidio
tentang ·
PPT |
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/
hewan |
4.6.1. Membuat model struktur
sel tumbuhan/hewan 4.6.2. Menyajikan model
struktur sel tumbuhan/hewan |
||||||||
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk
hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut |
3.7.1 Mengidentifikasi komponen
penyusun ekosistem 3.7.2 Mendeskripsikan hubungan antara
komponen biotik dan abiotik, serta biotik dan biotik lainnya 3.7.3 Memprediksi faktor-faktor
yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem 3.7.4 Mendeskripsikan mekanisme
aliran energi pada suatu ekosistem 3.7.5 Menjelaskan interaksi dalam
ekosistem 3.7.6 Mendeskripsikan jenis-jenis
interaksi juga berbagai kemungkinan yang terjadi dalam interaksi 3.7.7 Menjelaskan peran mikroorganisme/organisme
dalam berbagai daur biogeokimia 3.7.8 Menguraikan komponen ekosistem
dari hasil pengamatan 3.7.9 Membuat bagan tentang interaksi
antar komponen ekosistem dan jejaring makanan yang berlangsung dalam
ekosistem 3.7.10
Menganalisis
jika terjadi ketidakseimbangan hubungan antar komponen (karena
faktor alami dan akibat perbuatan manusia) |
Ekosistem ·
Komponen
abiotik dan biotik ·
Interaksi
antara makhluk hidup dan lingkungan ·
Rantai
Makanan ·
Jaring-
jaring makanan ·
Bentuk
simbioasis ·
Dinamika
populasi |
Discovery Learning |
·
Pengamatan ·
Demonstrasi |
Saintifik |
·
Religius ·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
·
Vidio
tentang ·
PPT |
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap
interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya |
4.7.1 Mensimulasikan Interaksi
antar komponen dalam suatu ekosistem |
||||||||
3.8 Menganalisis terjadi-nya pencemaran
lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem |
3.8.1
Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan 3.8.2
Memberikan contoh macam- macam pencemaran lingkungan. 3.8.3
Menjelaskan pengertian pencemaran air. 3.8.4
Menganalisis pengaruh air yang tercemar bagi mahluk
hidup di bawahnya. 3.8.5
Menjelaskan pengertian pencemaran udara. 3.8.6
Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab pencemaran udara 3.8.7
Menganalisis dampak pencemaran udara. 3.8.8
Menjelaskan pengertian pencemaran tanah. 3.8.9
Menganalisis dampak pencemaran tanah. |
Pencemaran
Lingkungan ·
Pencemaran
udara ·
Pencemaran
air ·
Pencemaran
tanah ·
Dampak
pencemaran bagi ekosistem |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
·
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
KI ·
PPT |
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan
penyelesaian masalah pen- cemaran di lingkungannya berdasarkan hasil
pengamatan |
4.8.1
Membuat laporan hasil pengamatan tentang beberapa
jenis, penyebab, dan dampak pencemaran yang terjadi di lingkungan sekitar
peserta didik serta mengemukakan gagasan tentang cara mengatasinya. 4.8.2
Membuat poster tentang himbauan pada masyarakat dalam
mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. |
||||||||
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan
dampaknya bagi ekosistem |
3.9.1 Memahami definisi
pemanasan global 3.9.2 Menganalisis proses
terjadinya pemanasan global 3.9.3 Mengidentifikasi faktor
penyebab pemanasan global 3.9.4 Menjelaskan dampak
pemanasan global |
Perubahan
Iklim ·
Pemanasan
Global ·
Penyebab terjadinya perubahan iklim ·
Dampak perubahan iklim
bagi ekosistem |
Discovery
Learning |
·
Praktikum ·
Diskusi ·
Penugasan |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilaian diri ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
10
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
·
PPT |
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan
adaptasi / penanggulangan masalah perubahan iklim |
4.9.1 Membuat makalah penanggulangan
masalah perubahan iklim |
||||||||
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi,
dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai
ancaman bencana di daerahnya |
3.10.1. Menjelaskan karakteristik penyusun
bumi. 3.10.2. Menjelaskan karakteristik
atmosfir. 3.10.3. Menjelaskan karakteristik
litosfer. 3.10.4. Menjelaskan karakteristik gempa
bumi serta pengurangan resiko bencananya. 3.10.5. Menjelaskan karakteristik
gunung berapi serta pengurangan resiko bencananya. 3.10.6. Menjelaskan karakterisktik
hidrosfer serta pengurangan resiko bencananya. |
Lapisan
Bumi dan Bencana ·
Lapisan
bumi ·
Gunung
api ·
Gempa
bumi dan tsunami ·
Tindakan
tanggap bencana |
Problem Based
Learning |
·
Diskusi ·
Presentasi ·
Penugasan |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
·
PPT |
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak
bencana alam serta tindakan penyela- matan diri pada saat terjadi bencana
sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya. |
4.10.1.Mengamati tayangan model
lapisan pengurangan resiko dan dampak bumi 4.10.2.Mengumpulkan mengenai lapisan
bumi dan bencana alam serta tindakan mekanisme terjadinya letusan gunung penyelamatan
diri pada saat berapi, gempa bumi, dan tsunami terjadi bencana sesuai dengan 4.10.3.Menyajikan hasil studi
literatur tentang jenis ancaman bencana di penanggulangan resiko dan dampak daerahnya
bencana alam dalam bentuk presentasi 4.10.4.Berlatih tindakan matan diri
pada saat terjadi bencana alam |
||||||||
3.11 Menganalisis sistem
tata surya, rotasi dan revolusi bumi dan bulan, serta dampaknya bagi
kehidupan di bumi |
3.11.1. Mendeskripsikan
karakteristik matahari sebagai pusat tata surya 3.11.2. Mendeskripsikan
karakteristik planet-planet penyusun tata surya 3.11.3. Mendeskripsikan
karakteristik berbagai benda angkasa selain planet 3.11.4. Menganalisis keterkaitan
antara jarak planet ke matahari dengan periode rotasi dan periode revolusinya 3.11.5. Menggambarkangerakan
bumi dan bulan terhadap matahari 3.11.6. Mendeskripsikan
peristiwa gerhana matahari dan gerhana bulan sebagai akibat gerakan bumi dan
bulan terhadap matahari 3.11.7. Mendeskripsikan
peristiwa rotasi dan revolusi bumi 3.11.8. Mengkorelasikan
berbagai peristiwa yang diakibatkan oleh rotasi dan revolusi bumi |
Tata Surya ·
Sistem
tata
surya ·
Karakteris tik
anggota tata surya ·
Matahari
sebagai bintang ·
Dampak
rotasi dan
revolusi
bumi bagi kehidupan
di bumi ·
Gerhana bulan dan matahari ·
Terjadinya
pasang surut |
Problem Based
Learning |
·
Pengamatan ·
Ceramah ·
Diskusi |
Animasi Kontekstual |
·
Religius ·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. ·
Buku
Guru hal. ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
·
PPT |
4.11 Menyajikan
karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di
bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi |
4.11.1 Membuat
animasi atau video atau prototype dampak dari rotasi dan revolusi bumi dan
bulan bagi kehidupan bumi |
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar