SILABUS
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 4 Malang
Kelas / Semester : VIII (Delapan)
Tahun Pelajaran
: 2020/ 2021
Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya serta
KI 2 :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri,
peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan
anak
di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya
tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI4 : Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang teori.
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Karakter yang diharapkan |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
||
Model |
Metode |
Pendekatan |
|
|
|
|
|||
3.1 Menganalisis
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan
sistem gerak |
3.1.1 Mendeskripsikan
fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia 3.1.2 Menjelaskan jenis tulang penyusun sistem
gerak manusia 3.1.3 Mengidentifikasi macam-macam tulang penyusun
sistem gerak manusia. 3.1.4 Menguraikan struktur tulang manusia 3.1.5 Menganalisis keterkaitan jenis dan fungsi
tulang pada manusia. |
Sistem
Gerak pada Manusia ·
Struktur
dan fungsi rangka ·
Struktur
dan fungsi sendi ·
Struktur
dan fungsi otot ·
Upaya
menjaga kesehatan sistem gerak |
Problem
Based Learning |
·
Diskusi ·
Kerja
Kelompok |
Pendekatan Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek berupa |
8
JP |
· Buku siswa
hal. 23-74 · Buku Guru hal.
143-178 · Pengayaan · Laboratorium
sekolah · Torso manusia · Vidio tentang
sistim gerak pada manusia,hewan dan tumbuhan · PPT ·
Internet |
4.1 Menyajikan
karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga
kesehatan sistem gerak manusia |
4.1.1 Membuat karya hasil studi
literasi tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga
kesehatan sistem gerak manusia |
||||||||
3.2 Menganalisis
gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan
penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup |
3.2.1 Memahami konsep gerak 3.2.2 Membedakan GLB dan GLBB 3.2.3 Menentukan kecepatan dan percepatan gerak
suatu benda 3.2.4 Memahami konsep gaya 3.2.5 Mengidentifikasi konsep hukum Newton dalam
kehidupan sehari-hari 3.2.6 Menganalisis penerapan hukum newton dalam
kehidupan sehari-hari |
Gerak
dan Gaya ·
Gerak
pada benda ·
Hukum
Newton tentang gerak ·
Penerapan
Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Kerja
Kelompok ·
Praktik |
Pendekatan Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilian diri ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja dalam melakukan percobaan |
7
JP |
·
Buku
siswa hal. 1-22 ·
Buku
Guru hal. 143-178 ·
Pengayaan
·
Laboratorium
sekolah ·
KIT
Mekanika ·
Vidio
tentang gerak dan gaya ·
PPT ·
Internet |
4.2 Menyajikan
hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda |
4.2.1 Melakukan percobaan tentang pengaruh gaya
terhadap gerak benda 4.2.2 Membuat laporan hasil percobaan tentang
pengaruh gaya terhadap gerak benda |
||||||||
3.3 Menjelaskan
konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia |
3.3.1 Mengidentifikasi usaha
yang bekerja pada sebuah/beberapa benda 3.3.2 Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana
yang terdapat di sekitar lingkungan siswa 3.3.3 Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana
pada otot dan rangka manusia |
Pesawat
Sederhana ·
Kerja/Usaha ·
Jenis
pesawat sederhana ·
Keuntungan
mekanik ·
Prinsip
pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia |
Problem
Based Learning |
·
Tanya jawab ·
Eksperimen, ·
Diskusi
dan Presentasi |
Pendekatan Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 76-104 ·
Buku
Guru hal. 179-196 ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
KIT
Mekanika ·
Vidio
tentang pesawat sederhana ·
PPT |
4.3 Menyajikan
hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
4.3.1 Melakukan pemecahan masalah melalui percobaan tentang keuntungan
mekanis dalam penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari 4.3.2 Membuat laporan hasil pemecahan
masalah melalui percobaan tentang keuntungan
mekanis dalam penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari |
||||||||
3.4 Menganalisis
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
3.4.1 Mendeskripsiksn struktur dan fungsi akar,
batang, dan daun 3.4.2 Mendeskripsiksn struktur dan fungsi bunga,
buah dan biji 3.4.3 Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan 3.4.4 Menganalisis macam-macam teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Struktur
dan Fungsi Tumbuhan ·
Struktur
dan fungsi akar, batang dan daun ·
Struktur
dan fungsi bunga, buah dan biji ·
Struktur
dan fungsi Jaringan ·
Teknologi
yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 105-154 ·
Buku
Guru hal. 197-224 Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Lingkungan
sekolah ·
Vidio
tentang struktur dan fungsi tumbuhan ·
PPT |
4.4 Menyajikan
karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang
terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan |
4.4.1 Menyajikan berbagai fakta
mengenai berbagai ide teknologi
sederhana yang terilhami oleh struktur jaringan tumbuhan |
||||||||
3.5 Menganalisis
sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan
sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan |
3.5.1 Menyebutkan
jenis-jenis zat
makanan 3.5.2
Menyebutkan kandungan bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji
bahan makanan 3.5.3
Menjelaskan fungsi dari bahan makanan 3.5.4
Menyebutkan organ-organ dalam sistem pencernaan manusia 3.5.5
Menjelaskan fungsi-fungsi organ pencernaan 3.5.6
Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia 3.5.7 Mengaitkan beberapa
permasalahan tentang sistem pencernaan makanan dengan konsep yang sudah
dipelajarinya. 3.5.8 Menjelaskan cara menjaga
kesehatan diri dengan prinsip-prinsip dalam perolehan nutrisi dan energi
melalui makanan dan kerja sistem pencernaan. |
Sistem Pencernaan pada manusia ·
Zat
makanan ·
Uji
bahan makanan ·
Organ
pencernaan ·
Enzim
pencernaan ·
Penyakit
yang berhubungan dengan sistem pencernaan |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 155-208 ·
Buku
Guru hal. 225-254 ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Torso ·
Vidio
tentang sistim pencernaan pada manusia ·
PPT |
4.5 Menyajikan
hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi |
4.5.1 Menyajikan
berbagai fakta mengenai perbedaan
pencernaan mekanis dan kimiawi |
||||||||
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam
makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan |
3.6.1 Menyebutkan contoh bahan
aditif pada makanan 3.6.2 Menjelaskan fungsi penggunaan bahan aditif
dalam makanan 3.6.3 Menguraikan solusi pengganti zat aditif 3.6.4 Menjelaskan macam dan
efek penggunaan zat adiktif bagi kesehatan |
Zat Aditif dan Zat Adiktif ·
Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan
dan minuman ·
Jenis zat adiktif ·
Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum ·
Tanya
Jawab ·
Presentasi |
·
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilaian antar teman ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
10
JP |
·
Buku
siswa hal. 209-252 ·
Buku
Guru hal. 257-280 ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Bungkus
makanan kemasan ·
Vidio
tentang zat aditif dan adiktif ·
PPT |
4.6 Membuat karya tulis tentang dampak
penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan |
4.6.1 Menyajikan
informasi jenis-jenis bahan yang dipakai pada suatu produk makanan 4.6.2 Mengusulkan
ide pengganti bahan aditif tertentu yang lebih aman bagi kesehatan. |
||||||||
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah
pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya
menjaga kesehatan sistem peredaran darah |
3.7.1. Mendeskripsikan karakteristik
jantung dan pembuluh darah 3.7.2. Menelaah masing-masing peran
organ tubuh dalam sistem peredaran darah manusia 3.7.3. Mengemukakan fungsi sistem
peredaran darah pada manusia 3.7.4. Membedakan jenis peredaran
darah besar dan peredaran darah kecil 3.7.5. Memahami berbagai kelainan dan
penyakit pada sistem peredaran darah manusia |
Sistem
Peredaran Darah ·
Organ
peredaran darah ·
Jenis
peredaran darah ·
Penyakit
pada sistem peredaran darah |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum ·
Tanya
Jawab ·
Presentasi |
·
Saintifik |
·
Religius ·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 253-286 ·
Buku
Guru hal. 281-304 ·
Pengayaan ·
Laboratorium
sekolah ·
Torso ·
Vidio
tentang sistim peredaran manusia ·
PPT |
4.7 Menyajikan hasil percobaan pengaruh
aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung |
4.7.1 Mempresentasikan hasil
analisis pengaruh aktivitas dengan frekuensi denyut jantung |
||||||||
3.8 Memahami tekanan zat dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan |
3.8.1. Memahami fenomena yang
berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas 3.8.2. Menentukan hubungan antara
gaya, tekanan dan luas penamapang 3.8.3. Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia 3.8.4. Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan osmosis 3.8.5. Menghubungkan tekanan zat cair
di ruang tertutup dengan peristiwa kapilaritas |
Tekanan
Zat ·
Tekanan
zat padat, cair, dan gas ·
Tekanan
darah ·
Osmosis ·
Kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
·
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 1-44 ·
Buku
Guru hal. 306-326 ·
Pengayaan hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
KIT
Mekanika dan KIT Hidrostatis ·
PPT |
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan
kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan |
4.8.1. Melakukan percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas 4.8.2. Mengidentifikasi melalui
percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan zat padat, cair, dan gas 4.8.3. Menyajikan hasil percobaan
tekanan zat padat, cair, dan gas |
||||||||
3.9
Menganalisis sistem pernapasan
pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga
kesehatan sistem pernapasan |
3.9.1. Menelaah masing-masing peran
organ tubuh dalam sistem pernapasan manusia 3.9.2. Mengemukakan mekanisme
pernapasan pada manusia 3.9.3. Menentukan factor-faktor yang
menentukan frekuensi pernapasan manusia 3.9.4. Memahami macam-macam jenis
volume udara dalam proses pernapasan 3.9.5. Memahami berbagai kelainan dan
penyakit pada sistem pernapasan manusia dan cara mencegahnya |
Sistem
Pernapasan ·
Organ
pernapasan ·
Mekanisme
pernapasan ·
Gangguan
pada sistem pernapasan ·
Upaya
menjaga kesehatan sistem pernapasan |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Ceramah ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilaian diri ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan dan
tugas proyek |
10
JP |
·
Buku
siswa hal. 45-79 ·
Buku
Guru hal. 327-344 ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
Torso ·
PPT |
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga
kesehatan sistem pernapasan |
4.9.1 Membuat
poster mengenai pentingnya menjaga kesehatan sistem pernapasa |
||||||||
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan
memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem
ekskresi |
3.10.1. Menyebutkan organ-organ
penyusun sistem eksresi pada manusia 3.10.2. Mendeskripsikan fungsi sistem
eksresi 3.10.3. Menjelaskan hubungan struktur
dan fungsi pada organ ginjal 3.10.4. Menjelaskan hubungan struktur
dan fungsi pada organ paru-paru 3.10.5. Menjelaskan hubungan struktur
dan fungsi pada organ hati 3.10.6. Menjelaskan hubungan struktur
dan fungsi pada organ kulit 3.10.7. Mengidentifikasi kelainan dan
penyakit yang terjadi pada sistem eksresi 3.10.8. Menyebutkan berbagai pola hidup
untuk menjaga kesehatan sistem eksresi 3.10.9. Menyebutkan berbagai pola hidup
untuk menjaga kesehatan sistem eksresi |
Sistem
Ekskresi ·
Struktur
dan fungsi sistem ekskresi ·
Gangguan
pada sistem ekskresi ·
Upaya
menjaga kesehatan sistem ekskresi |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 79-114 ·
Buku
Guru hal. 345-364 ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
Torso ·
PPT |
4.10 Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia
dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri |
4.10.1. Membuat peta pikiran yang menunjukkan
hubungan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia 4.10.2. Menyusun rencana pola hidup
yang harus kita lakukan untuk menjaga sistem eksresi |
||||||||
3.11 Menganalisis
konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan |
4.11.1. Menjelaskan pengertian getaran 4.11.2. Menyelidiki peristiwa getaran bandul 4.11.3. Menghitung frekuensi dan
periode ayunan getaran 4.11.4. Menjelaskan pengertian
gelombang 4.11.5. Menyelidiki peristiwa gelombang 4.11.6. Menjelaskan karakteristik
gelombang transversal 4.11.7. Menjelaskan karakteristik
gelombang longitudinal 4.11.8. Menghitung panjang gelombang
dan kecepatan gelombang 4.11.9. Membedakan gelombang
transversal dan longitudinal 4.11.10. Menjelaskan hubungan antara Panjang
gelombang, frekuensi, cepat rambat, dan periode gelombang 4.11.11. Menghitung periode bandul 4.11.12. Menghitung panjang gelombang 4.11.13. Menjelaskan peristiwa
pemantulan gelombang 4.11.14. Menghitung kedalaman laut 4.11.15. Membedakan gaung dan gema 4.11.16. Menjelaskan karakteristik bunyi 4.11.17. Menghitung cepat rambat
gelombang bunyi 4.11.18. Menghitung jarak sumber bunyi
ke pendengar 4.11.19. Menganalisis hubungan antara
frekuensi bunyi dengan tegangan dawai 4.11.20. Menganalisis hubungan antara
panjang pendeknya senar dengan frekuensi bunyi 4.11.21. Menjelaskan struktur dan fungsi
bagian pada telinga 4.11.22. Menjelaskan mekanisme mendengar
pada manusia 4.11.23. Menghitung jarak sumber bunyi
ke pendengar 4.11.24. Menjelaskan tujuan membuka
mulut saat mendengar suara keras 4.11.25. Menjelaskan sistem sonar pada
kelelawar, USG, dan alat pengukur kedalaman laut 4.11.26. Menjelaskan perubahan keras
lemah bunyi pada sirene ambulan yang bergerak 4.11.27. Menjelaskan dampak negatif
penggunaan sonar 4.11.28. Menjelaskan cara pemantulan
bunyi dan sistem kerja sonar |
Getaran,
Gelombang, dan Bunyi ·
Getaran
·
Gelombang ·
Bunyi ·
Sistem
pendengaran pada manusia ·
Pemanfaatan
gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari ·
Sistem
sonar pada hewan |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius ·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : observasi ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja dalam
melakukan percobaan dan
tugas proyek |
15
JP |
·
Buku
siswa hal. 144-164 ·
Buku
Guru hal. 365-390 ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
KIT
IPA ·
PPT |
4.11 Menyajikan
hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi |
4.11.1Menyusun
hasil pencarian tentang sistem radar dalam bentuk poster/ makalah |
||||||||
3.12. Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang
datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan
manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik |
3.12.1. Menjelaskan sifat-sifat cahaya 3.12.2. Menyelidiki arah rambat cahaya 3.12.3. Menyelidiki pembiasan cahaya 3.12.4. Menghitung besar sudut pantul
dari suatu sinar dating 3.12.5. Menjelaskan sifat cahaya
merupakan gelombang elektromagnetik 3.12.6. Menjelaskan pembentukan
bayangan pada cermin datar dan cermin lengkung 3.12.7. Menghitung banyaknya bayangan
yang dibentuk oleh dua cermin bersudut 3.12.8. Menggambar pembentukan bayangan
pada cermin datar 3.12.9. Menggambar pembentukan bayangan
pada cermin lengkung 3.12.10. Menganalisis keterkaitan antara
titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada cermin cekung 3.12.11. Mengukur jarak fokus cermin
cekung 3.12.12. Menghitung jarak bayangan benda
pada cermin cembung 3.12.13. Menjelaskan letak bayangan
melalui persamaan umum cermin 3.12.14. Menggambar pembentukan bayangan
pada lensa 3.12.15. Menganalisis keterkaitan antara
titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembung 3.12.16. Mengukur jarak fokus lensa
cembung 3.12.17. Menghitung kekuatan lensa
cembung 3.12.18. Menjelaskan letak bayangan
melalui persamaan umum lensa 3.12.19. Menyelidiki pembentukan
bayangan pada mata manusia 3.12.20. Menyebutkan struktur dan fungsi
bagian mata 3.12.21. Menyelidiki perubahan diameter
pupil 3.12.22. Menganalisis penyebab perubahan
diameter pupil 3.12.23. Mengaitkan perubahan diameter
pupil dengan fungsi pupil 3.12.24. Menjelaskan gangguan pada mata 3.12.25. Menjelaskan mekanisme
penglihatan pada serangga 3.12.26. Menyelidiki pembentukan
bayangan pada kamera obscura 3.12.27. Menjelaskan pembentukan
bayangan pada kamera, lup, mikroskop, dan teleskop |
Cahaya
·
Sifat-sifat
cahaya ·
Pembentukan
bayangan pada cermin dan lensa ·
Penglihatan
manusia ·
Proses
pembentukan bayangan pada mata serangga ·
Alat
optik |
Discovery
Learning |
·
Diskusi ·
Praktikum |
Saintifik |
·
Religius
·
Jujur ·
Toleransi ·
Teliti ·
Rasa
ingin tahu ·
Tanggung
jawab |
·
Sikap : Penilaian antar teman ·
Pengetahuan : Tes
tulis dan penugasan ·
Ketrampilan : unjuk kerja
dalam melakukan percobaan |
20
JP |
·
Buku
siswa hal. 165-242 ·
Buku
Guru hal. 391-406 ·
Pengayaan
hal. ·
Laboratorium
sekolah ·
KIT
Cahaya dan alat Optik ·
PPT |
4.12 Menyajikan
hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa |
4.12.1. Menyusun poster hasil
penyelidikan pembentukan bayangan pada cermin cekung dan lensa cembung 4.12.2. Mempresentasikan poster tentang
pembentukan bayangan pada cermin cekung dan lensa cembung |
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar