Langsung ke konten utama

SILABUS IPA KELAS 8

SILABUS

ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

 

Satuan Pendidikan         : SMP Negeri 4 Malang                                                 

Kelas    / Semester        : VIII (Delapan)

Tahun Pelajaran             : 2020/ 2021

 

Kompetensi Inti                           :

KI 1   :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta

KI 2   : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan

              anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

KI 3   : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya

              tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI4   :  Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah

             abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Karakter yang diharapkan

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Model

Metode

Pendekatan

 

 

 

 

3.1     Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

 

3.1.1  Mendeskripsikan fungsi sistem rangka bagi tubuh manusia

3.1.2  Menjelaskan jenis tulang penyusun sistem gerak manusia

3.1.3  Mengidentifikasi macam-macam tulang penyusun sistem gerak manusia.

3.1.4  Menguraikan struktur tulang manusia

3.1.5  Menganalisis keterkaitan jenis dan fungsi tulang pada manusia.

Sistem Gerak pada Manusia

·      Struktur dan fungsi rangka

·      Struktur dan fungsi sendi

·      Struktur dan fungsi otot

·      Upaya menjaga kesehatan sistem gerak

 

Problem Based Learning

·      Diskusi

·      Kerja Kelompok

Pendekatan Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek berupa

8 JP

·       Buku siswa hal. 23-74

·       Buku Guru hal. 143-178

·        Pengayaan

·       Laboratorium sekolah

·       Torso manusia

·       Vidio tentang sistim gerak pada manusia,hewan dan tumbuhan

·       PPT

·      Internet

 

 

4.1     Menyajikan karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia

 

4.1.1 Membuat karya hasil studi literasi tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga kesehatan sistem gerak manusia

3.2     Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

 

3.2.1  Memahami konsep gerak

3.2.2  Membedakan GLB dan GLBB

3.2.3  Menentukan kecepatan dan percepatan gerak suatu benda

3.2.4  Memahami konsep gaya

3.2.5  Mengidentifikasi konsep hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari

3.2.6  Menganalisis penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari

Gerak dan Gaya

·      Gerak pada benda

·      Hukum Newton tentang gerak

·      Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Kerja Kelompok

·      Praktik

Pendekatan Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilian diri

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

7 JP

·      Buku siswa hal. 1-22

·      Buku Guru hal. 143-178

·      Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      KIT Mekanika

·      Vidio tentang  gerak dan gaya

·      PPT

·      Internet

4.2     Menyajikan hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda

4.2.1  Melakukan percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda

4.2.2  Membuat laporan hasil percobaan tentang pengaruh gaya terhadap gerak benda

3.3     Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

3.3.1 Mengidentifikasi usaha yang bekerja pada sebuah/beberapa benda

3.3.2  Mengidentifikasi jenis pesawat sederhana yang terdapat di sekitar lingkungan siswa

3.3.3  Menjelaskan prinsip kerja pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia

Pesawat Sederhana

·   Kerja/Usaha

·   Jenis pesawat sederhana

·   Keuntungan mekanik

·   Prinsip pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia

 

Problem Based Learning

·      Tanya jawab

·      Eksperimen,

·      Diskusi dan Presentasi

Pendekatan Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 76-104

·      Buku Guru hal. 179-196

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      KIT Mekanika

·      Vidio tentang  pesawat sederhana

·      PPT

 

4.3     Menyajikan hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

4.3.1  Melakukan pemecahan masalah  melalui percobaan tentang keuntungan mekanis dalam penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

4.3.2  Membuat laporan hasil pemecahan masalah  melalui percobaan tentang keuntungan mekanis dalam penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari

 

3.4     Menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

3.4.1  Mendeskripsiksn struktur dan fungsi akar, batang, dan daun

3.4.2  Mendeskripsiksn struktur dan fungsi bunga, buah dan biji

3.4.3  Mengaitkan struktur dan fungsi jaringan

3.4.4  Menganalisis macam-macam teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

Struktur dan Fungsi Tumbuhan

·      Struktur dan fungsi akar, batang dan daun

·      Struktur dan fungsi bunga, buah dan biji

·      Struktur dan fungsi Jaringan

·      Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 105-154

·      Buku Guru hal. 197-224

Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      Lingkungan sekolah

·      Vidio tentang  struktur dan fungsi tumbuhan

·      PPT

 

4.4     Menyajikan karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan

4.4.1  Menyajikan berbagai fakta mengenai berbagai ide teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur jaringan tumbuhan

 

3.5     Menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

3.5.1 Menyebutkan jenis-jenis zat makanan

3.5.2 Menyebutkan kandungan bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari melalui uji bahan makanan

3.5.3 Menjelaskan fungsi dari bahan makanan

3.5.4 Menyebutkan organ-organ dalam sistem pencernaan manusia

3.5.5 Menjelaskan fungsi-fungsi organ pencernaan

3.5.6 Menjelaskan proses pencernaan dalam tubuh manusia

3.5.7  Mengaitkan beberapa permasalahan tentang sistem pencernaan makanan dengan konsep yang sudah dipelajarinya.

3.5.8  Menjelaskan cara menjaga kesehatan diri dengan prinsip-prinsip dalam perolehan nutrisi dan energi melalui makanan dan kerja sistem pencernaan.

 

Sistem Pencernaan pada manusia

·  Zat makanan

·  Uji bahan makanan

·  Organ pencernaan

·  Enzim pencernaan

·  Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek

15 JP

·      Buku siswa hal. 155-208

·      Buku Guru hal. 225-254

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      Torso

·      Vidio tentang  sistim pencernaan pada manusia

·      PPT

 

4.5     Menyajikan hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi

4.5.1 Menyajikan berbagai fakta mengenai perbedaan pencernaan mekanis dan kimiawi

3.6    Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan  

3.6.1 Menyebutkan contoh bahan aditif pada makanan

3.6.2  Menjelaskan fungsi penggunaan bahan aditif dalam makanan

3.6.3  Menguraikan solusi pengganti zat aditif

3.6.4 Menjelaskan macam dan efek penggunaan zat adiktif bagi kesehatan

Zat Aditif dan Zat Adiktif

·   Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman

·   Jenis zat adiktif

·   Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

·      Tanya Jawab

·      Presentasi

·      Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilaian antar teman

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

10 JP

·      Buku siswa hal. 209-252

·      Buku Guru hal. 257-280

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      Bungkus makanan kemasan

·      Vidio tentang  zat aditif dan adiktif

·      PPT

 

4.6    Membuat karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi kesehatan

4.6.1 Menyajikan informasi jenis-jenis bahan yang dipakai pada suatu produk makanan

4.6.2 Mengusulkan ide pengganti bahan aditif tertentu yang lebih aman bagi kesehatan.

3.7    Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

3.7.1. Mendeskripsikan karakteristik jantung dan pembuluh darah

3.7.2. Menelaah masing-masing peran organ tubuh dalam sistem peredaran darah manusia

3.7.3. Mengemukakan fungsi sistem peredaran darah pada manusia

3.7.4. Membedakan jenis peredaran darah besar dan peredaran darah kecil

3.7.5. Memahami berbagai kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah manusia

Sistem Peredaran Darah

·         Organ peredaran darah

·         Jenis peredaran darah

·         Penyakit pada sistem peredaran darah

 

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

·      Tanya Jawab

·      Presentasi

·      Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 253-286

·      Buku Guru hal. 281-304

·       Pengayaan

·      Laboratorium sekolah

·      Torso

·      Vidio tentang  sistim peredaran manusia

·      PPT

 

 

4.7    Menyajikan hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) dengan frekuensi denyut jantung

4.7.1 Mempresentasikan hasil analisis pengaruh aktivitas dengan frekuensi denyut jantung

3.8    Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan

3.8.1.    Memahami fenomena yang berhubungan dengan tekanan zat padat, cair, dan gas

3.8.2.    Menentukan hubungan antara gaya, tekanan dan luas penamapang

3.8.3.    Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia

3.8.4.    Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan osmosis

3.8.5.    Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan peristiwa kapilaritas

Tekanan Zat

·  Tekanan zat padat, cair, dan gas

·  Tekanan darah

·  Osmosis

·   Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

·      15 JP

·      Buku siswa hal. 1-44

·      Buku Guru hal. 306-326

·       Pengayaan hal.

·      Laboratorium sekolah

·      KIT Mekanika dan KIT Hidrostatis

·      PPT

 

4.8    Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan

4.8.1.    Melakukan percobaan untuk menyelidiki tekanan zat padat, cair, dan gas

4.8.2.    Mengidentifikasi melalui percobaan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan zat padat, cair, dan gas

4.8.3.    Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas

 

3.9    Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

3.9.1.    Menelaah masing-masing peran organ tubuh dalam sistem pernapasan manusia

3.9.2.    Mengemukakan mekanisme pernapasan pada manusia

3.9.3.    Menentukan factor-faktor yang menentukan frekuensi pernapasan manusia

3.9.4.    Memahami macam-macam jenis volume udara dalam proses pernapasan

3.9.5.    Memahami berbagai kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan manusia dan cara mencegahnya

Sistem Pernapasan

·         Organ pernapasan

·         Mekanisme pernapasan

·         Gangguan pada sistem pernapasan

·         Upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

 

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Ceramah

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilaian diri

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek

 

10 JP

·      Buku siswa hal. 45-79

·      Buku Guru hal. 327-344

·      Pengayaan hal.

·      Laboratorium sekolah

·      Torso

·      PPT

 

4.9    Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan

4.9.1 Membuat poster mengenai pentingnya menjaga kesehatan sistem pernapasa

3.10     Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

3.10.1. Menyebutkan organ-organ penyusun sistem eksresi pada manusia

3.10.2. Mendeskripsikan fungsi sistem eksresi

3.10.3. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ ginjal

3.10.4. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ paru-paru

3.10.5. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ hati

3.10.6. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ kulit

3.10.7. Mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem eksresi

3.10.8. Menyebutkan berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem eksresi

3.10.9. Menyebutkan berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem eksresi

Sistem Ekskresi

·         Struktur dan fungsi sistem ekskresi

·         Gangguan pada sistem ekskresi

·         Upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi

 

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

15 JP

·      Buku siswa hal. 79-114

·      Buku Guru hal. 345-364

·      Pengayaan hal.

·      Laboratorium sekolah

·      Torso

·      PPT

 

4.10     Membuat karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri

4.10.1. Membuat peta pikiran yang menunjukkan hubungan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia

4.10.2. Menyusun rencana pola hidup yang harus kita lakukan untuk menjaga sistem eksresi

3.11      Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan

4.11.1. Menjelaskan pengertian getaran

4.11.2. Menyelidiki  peristiwa getaran bandul

4.11.3. Menghitung frekuensi dan periode ayunan getaran

4.11.4. Menjelaskan pengertian gelombang

4.11.5. Menyelidiki peristiwa gelombang

4.11.6. Menjelaskan karakteristik gelombang transversal

4.11.7. Menjelaskan karakteristik gelombang longitudinal

4.11.8. Menghitung panjang gelombang dan kecepatan gelombang

4.11.9. Membedakan gelombang transversal dan longitudinal

4.11.10.      Menjelaskan hubungan antara Panjang gelombang, frekuensi, cepat rambat, dan periode gelombang

4.11.11.      Menghitung periode bandul

4.11.12.      Menghitung panjang gelombang

4.11.13.      Menjelaskan peristiwa pemantulan gelombang

4.11.14.      Menghitung kedalaman laut

4.11.15.      Membedakan gaung dan gema

4.11.16.      Menjelaskan karakteristik bunyi

4.11.17.      Menghitung cepat rambat gelombang bunyi

4.11.18.      Menghitung jarak sumber bunyi ke pendengar

4.11.19.      Menganalisis hubungan antara frekuensi bunyi dengan tegangan dawai

4.11.20.      Menganalisis hubungan antara panjang pendeknya senar dengan frekuensi bunyi

4.11.21.      Menjelaskan struktur dan fungsi bagian pada telinga

4.11.22.      Menjelaskan mekanisme mendengar pada manusia

4.11.23.      Menghitung jarak sumber bunyi ke pendengar

4.11.24.      Menjelaskan tujuan membuka mulut saat mendengar suara keras

4.11.25.      Menjelaskan sistem sonar pada kelelawar, USG, dan alat pengukur kedalaman laut

4.11.26.      Menjelaskan perubahan keras lemah bunyi pada sirene ambulan yang bergerak

4.11.27.      Menjelaskan dampak negatif penggunaan sonar

4.11.28.      Menjelaskan cara pemantulan bunyi dan sistem kerja sonar

Getaran, Gelombang, dan Bunyi

·  Getaran

·  Gelombang

·  Bunyi

·  Sistem pendengaran pada manusia

·  Pemanfaatan gelombang bunyi dalam kehidupan sehari-hari

·  Sistem sonar pada hewan

 

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

observasi

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan dan tugas proyek

15 JP

·      Buku siswa hal. 144-164

·      Buku Guru hal. 365-390

·      Pengayaan hal.

·      Laboratorium sekolah

·      KIT IPA

·      PPT

 

4.11      Menyajikan hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi

4.11.1Menyusun hasil pencarian tentang sistem radar dalam bentuk poster/ makalah

3.12. Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optik

3.12.1. Menjelaskan sifat-sifat cahaya

3.12.2. Menyelidiki arah rambat cahaya

3.12.3. Menyelidiki pembiasan cahaya

3.12.4. Menghitung besar sudut pantul dari suatu sinar dating

3.12.5. Menjelaskan sifat cahaya merupakan gelombang elektromagnetik

3.12.6. Menjelaskan pembentukan bayangan pada cermin datar dan cermin lengkung

3.12.7. Menghitung banyaknya bayangan yang dibentuk oleh dua cermin bersudut

3.12.8. Menggambar pembentukan bayangan pada cermin datar

3.12.9. Menggambar pembentukan bayangan pada cermin lengkung

3.12.10.      Menganalisis keterkaitan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada cermin cekung

3.12.11.      Mengukur jarak fokus cermin cekung

3.12.12.      Menghitung jarak bayangan benda pada cermin cembung

3.12.13.      Menjelaskan letak bayangan melalui persamaan umum cermin

3.12.14.      Menggambar pembentukan bayangan pada lensa

3.12.15.      Menganalisis keterkaitan antara titik fokus, jarak benda, dan jarak bayangan pada lensa cembung

3.12.16.      Mengukur jarak fokus lensa cembung

3.12.17.      Menghitung kekuatan lensa cembung

3.12.18.      Menjelaskan letak bayangan melalui persamaan umum lensa

3.12.19.      Menyelidiki pembentukan bayangan pada mata manusia

3.12.20.      Menyebutkan struktur dan fungsi bagian mata

3.12.21.      Menyelidiki perubahan diameter pupil

3.12.22.      Menganalisis penyebab perubahan diameter pupil

3.12.23.      Mengaitkan perubahan diameter pupil dengan fungsi pupil

3.12.24.      Menjelaskan gangguan pada mata

3.12.25.      Menjelaskan mekanisme penglihatan pada serangga

3.12.26.      Menyelidiki pembentukan bayangan pada kamera obscura

3.12.27.      Menjelaskan pembentukan bayangan pada kamera, lup, mikroskop, dan teleskop

Cahaya

·   Sifat-sifat cahaya

·   Pembentukan bayangan pada cermin dan lensa

·   Penglihatan manusia

·   Proses pembentukan bayangan pada mata serangga

·   Alat optik

 

Discovery Learning

·      Diskusi

·      Praktikum

Saintifik

·      Religius

·      Jujur

·      Toleransi

·      Teliti

·      Rasa ingin tahu

·      Tanggung jawab

·      Sikap :

Penilaian antar teman

 

·      Pengetahuan :

Tes tulis dan penugasan

 

·  Ketrampilan :

unjuk kerja dalam melakukan percobaan

20 JP

·      Buku siswa hal. 165-242

·      Buku Guru hal. 391-406

·      Pengayaan hal.

·      Laboratorium sekolah

·      KIT Cahaya dan alat Optik

·      PPT

 

4.12      Menyajikan hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa

4.12.1. Menyusun poster hasil penyelidikan pembentukan bayangan pada cermin cekung dan lensa cembung

4.12.2. Mempresentasikan poster tentang pembentukan bayangan pada cermin cekung dan lensa cembung

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMP Negeri 4 Malang

 

 

 

Dra. Pancayani Dinihari, M.Pd

NIP. 19660908 199303 2 006

 

Malang , 29 Juni 2020

Guru Mata Pelajaran IPA

 

 

 

Dra. Ida Nursanti

NIP. 19650203 199003 2 003

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenalan Dulu Yuuk....!

Assalamu'alaiku Wr. Wb.  Assalamu'alaiku  Selamat pagi. Salam sejahtera untuk kita.... . Selamat datang dan bergabung dengan SMPN 4 Malang khususnya dalam Pembelajaran IPA yang diasuh oleh Bu Ida Nursanti. Pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang. Yuuk kita kenalan dulu, dengan cara mengisikan komentar di bawah postingan ini dan gunakan bahasa yang baik dan sopan.  Selamat bergabung. Bahagia selalu. Wassalamu'alaikum Wr . Wb .  

RPP IPA 7.3.1 PENGUKURAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nomor :   KD 3.1   Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 Malang Mata Pelajara        : IPA Kelas/Semester    : 7/Ganjil Materi Pokok         : KD 3.1 Pengukuran Alokasi Waktu       : 1 Minggu (Pertemuan 1)               1.        TUJUAN PEMBELAJARAN: a.        Melalui membaca buku paket atau artikel, peserta didik mampu menyebutkan pengertian; pengukuran, besaran pokok, dan satuan baku. b.        Melalui latihan berhitung peserta didik mampu Melakukan konversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannya 2.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN 2.1. Alat dan Bahan - Alat     : è Virtual : Meteran, neraca, penggaris, stopwatch, thermometer, hydrometer, laptop, hp, computer 0nline - Bahan: è Buku Paket hal: 2 sampai dengan 26, Artikel Online dan Vidio pembelajaran Youtube - Media : è website/weblog, WA, Google Clasroom 2.2. Pertanyaan/ Soal Latihan: - Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas Ayo kita lakukan, B